Category Archives: Snack

American Risoles dan Brownies Panggang

Orderan amris n bropang dari Vani yang kesekian kali.

Cuman baru kali ini sempet difoto n diposting … :))

Amris

Amris ini buat cemilan hubby-nya Vani. Secara dia doyan banget ama amris buatanku… ( sori ye…agak narsis n sekalian promosi… hehehe)

brownies

Vani juga order brownies panggang, dia pengen ngerasain bropang buatanku.

Dan Alhamdulillah dia suka, cuman kemanisan katanya.

Next order gulanya gue kurangin ya bu.. 😉

Dadar Gulung

dadar gulung

Gara2 liat postingan mba mega jadi mupeng bikin dadar gulung.

Ngebayangin perpaduan rasa manis dan gurih…

Hmmm… walopun lagi sariawan tapi hasrat pengen makan dadar gulung ga terbendung … huahaahaaa…

So, semalem jadilah ini:

dadar gulung

Cara bikinnya gampang ‘n butuh waktu lama.

Karena kemaren santan dicampur daun suji, wangi kue n rasanya enaknya banget.

Cobain deh.

Dadar Gulung
By. Fatmah Bahalwan

Bahan kulit:
2 btr     telur
250 gr  tepung terigu
500 ml  santan –> ( 250 ml air suji + 250 ml santan, hasilnya wangi daun suji )
½ sdt    garam
2 tetes  pewarna hijau
minyak goreng untuk polesan.

Bahan isi :
½ btr    kelapa parut
150 gr  gula jawa sisir halus
2 lbr     daun pandan
100 ml  air
Cara membuat:

Dadar :
1.    Taruh tepung dalam wadah, beri telur dan garam, aduk sambil tuangi santan sedikit demi sedikit hingga santan habis dan menjadi adonan encer. Beri pewarna hijau, aduk rata.
2.    Siapkan wajan dadar.olesi dgn minyak.tuang lk. 2sdm adonan,bentuk dadar tipis, angkat,sisihkan.
3.    Ambil selembar kulit.letakkan 1sdm adonan isi.lipat dan gulung.seperti amplop.
4.    Isi :
Campur semua bahan dalam wajan biasa, masak dengan api kecil hingga menjadi adonan unti.

*  Tip  Untuk mendapatkan kulit yang berpori:

Wajan terlebih dahulu dipoles minyak sayur ( kemaren wajannya dipoles minyak pke kuas ) dan apinya agak panas. Karena kalo ga panas kulitnya jadi mulus ‘n ga berpori.

Macaroni Schotel

 macaroni schotel

Minggu ini lagi rajin ke dapur.

Kemaren bikin amris, malam ini bikin macaroni schotel.

Udara dingin gini emang enaknya makan yang anget2 n pedes…

Sluuurrrpp… Yummy banget deh.

macaroni schotel

Resep yang gue pake perpaduan resep dari websitenya Dapur Bunda dengan resep Cik Ine.

Macaroni Schotel
Bahan :
1 bks makaroni (227 gr), rebus, sisihkan —> pake 180 gr ajah
1/2 klg daging kornet —> ganti daging ham
50 gr mentega
50 gr bawang bombay
50 gr tepung terigu
3 btr telur, kocok sebentar
100 gr parmesan/keju parut —> keju dipotong kotak2 kecil
500 cc susu cair
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
tepung panir untuk taburan —> ga pake

Caranya :

  1. Tumis bawang bombay sampai layu, masukkan tepung terigu,aduk rata.
  2. Tuangi susu, didihkan sambil diaduk hingga licin. Masukkan dagingkornet, keju dan makaroni, aduk rata. Bubuhkan garam, pala dan merica, aduk dan angkat dari api. Masukkan telur,campur rata.
  3. Tuang ke dalam pinggan tahan panas yg telah diolesi margarin/mentega dan ditaburi tepung panir. Ratakan, taburi dengan tepung panir atau parutan keju diatasnya.
  4. Panggang sampai matang.
  5. Hidangkan.

Untuk : 6 org

Topping Saus Putih:
pake resep Cik Ine

* 1 sdm margarine (1 sendok munjung)
* 2 sdm tepung terigu
* 250 cc susu cair
* garam, merica
* 100 gr keju parut

Topping:
cairkan margarine, masukkan terigu, aduk2 sampai rata, tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil di aduk cepat agar tidak mringkil.
Masukkan garam dan merica.

Penyelesaian:
Tuang topping ke atas schotel, ratakan, taburi dengan keju parut.
Panggang dengan api atas selama 15 menit