Category Archives: Cupcake

Sweet Green Cupcake

serin-023_edit.jpg

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 sweetgreen1.jpg

sweetgreen3.jpg

Hari minggu lalu aku buat cupcake pake resep dari tabloid Saji. Bolunya enak lembut banget, kalo aku bilang lembutnya hampir sama dengan cotton cake. Cupcake ini aku ganti fillingnya pke selai bluberry secara di rumah masih banyak stoknya.

Tapi sayang banget kemaren pas dimakan ternyata fillingnya malah terjun ke bawah. Jadi bikin cupcakenya berkesan hangus dibawahnya. Bisa jadi karena kemaren aku pake selai yang masih dingin ya???

But anyway its no big deal. Sing penting enak…;)

Untuk hiasan aku pke buttercream aja. Pewarnanya aku pke warna moss greennya tofieco dicampur lemon yellow hasilnya malah kaya light greennya tofieco…xixixi

Bolu Stroberi

Sumber: Tabloid Saji edisi 118

 

Bahan:

4 kuning telur

25 gram gula pasir

1 sdt emulsifier

75 gr tepung terigu protein sedang

30 ml susu cair

4 putih telur

¼ sdt garam

50 gr gula pasir

50 gr selai stroberi halus untuk isi ( aku ganti selai blueberry )

 Cara membuat:

  1. Kocok kuning telur, gula pasir, dan emulsifier smp mengembang. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
  2. Masukan susu cair sedikit2x sambil diaduk perlahan. Sisihkan.
  3. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit2x sambil dikocok sampai mengembang.
  4. Tuang ke campuran tepung terigu sedikit2x sambil diaduk perlahan.
  5. Tuang sedikit adonan ke cetakan muffin yang dialas cup kertas. Beri isi. Tutup dengan adonan.
  6. Oven 15 menit dengan suhu 190 derajat Celcius.

Valentine Cupcake

 valentinecupcake1

valentinecupcake3

valentinecupcake2

Kemaren pas bikin TCCC buat Kevin ada kelebihan ganache. So iseng-iseng aja bikin cupcake. Kebetulan kan bikinnya pas hari valentine jadi dinamain Valentine Cupcake ( padahal sih ga ngerayain…).

Untuk cupcakenya aku pake resep TCCC-nya teh uceu, cuma ga aku kasih filling.  Sebelum dihias aku kasih air caramel.  Toppingnya pake ganache, trimit.

Resep Ganache:

500 ml Fresh Cream

500 gr DCC

75   gr butter

Cara membuatnya:

1. Panaskan fresh cream dengan api kecil, matikan api.

2. Masukkan DCC ( iris kasar ) + butter, aduk rata.

3. Dinginkan & siap untuk dipergunakan.

Grass Flower Cupcake

Cupcake1

cupcake2

Pertama kali buat dekorasi cupcake, toppingnya aku hias pake BC, trimit dan  bunga gumpaste. Gumpastenya bikin sendiri loh… Kan kemaren baru aja dibeliin papa cetakan gumpaste nya wilton…cling..cling.

Awalnya sih pengen ngehiasnya dengan model rumput yang kuwel2 ( duh…bahasanya apa ya) kaya cacing itu. Tapi kok hasilnya kurang okeh ya…Akhirnya nyoba rumput yang model berdiri hasilnya lumayan…

Cakenya aku pake resep buttercake NCC yang udah dimodified oleh mba anne. Rasanya enak, pas ( ga terlalu manis) dan makan satu aja udah ngeyangin  perut.

Choco Butter Cake
Source : Primarasa n Milis NCC
Modifikasi oleh Anne

Bahan :
120 gr butter (100 gr butter)
1/2 sdt vanili
250 gr gula pasir (200 gr gula)
2 butir telur (3 butir telur)
200 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
150 ml susu segar (aku pake susu bubuk dancow coklat kurleb 30gr )
50 gr chocolate chips (ato sesuai selera)

Cara membuat :
– Mixer mentega, gula, vanili hingga kembang dan warnanya menjadi pucat, masukkan telur, mixer lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
– Masukkan tepung (plus BP) dan susu secara bergantian sambil dimixer dengan kecepatan rendah (slow) hingga rata.
– Tuang coklat leleh ke dalam adonan, aduk rata.
– Masukkan chocolate chips, aduk rata.
– Tuang (tidak penuh, 3/4 saja) ke dalam papercup.
– Panggang dengan suhu 160 derajat Celcius selama 25 menit.

 

Buttercream:

500 gr mentega putih

50 gr butter

500 gr gula jelly

rhum ( optional )

Cara membuatnya:

Kocok dengan kecepatan tinggi mentega putih dan butter sampai mengembang, lalu masukan gula jelly. Kocok lagi hingga tercampur rata. Kemudian masukan rhum. Aduk hingga rata. Buttercream siap digunakan.