Monthly Archives: May 2008

Soes Isi Vla

Soes isi vla adalah salah satu kue favorite-ku.

Kalo makan kue satu ini ga cukup satu. Abis enak banget seh… ^_^

Makanya malem ini dibela-belain begadang demi buat kue soes isi vla ini.

Hasilnya sangat… sangat… sangat memuasskan…. huahaaahaaaa….

Karena soesnya mekar dengan sempurna dan bawahnya ga gosong.

Kalo ga inget sekarang tengah malem mungkin aku dah teriak n jingkrak kegirangan kali ya… ^_^

Ihhh…noraks banget ya…

Ini dia penampakannya… soes kebanggaanku…

susisivla

Thanx to mba wiwiek yang berbaik hati mau sharing resep soes ini di milis Orange Kitchen.

Love you mba… muaaah…muaaaah

Resepnya teopebegete dweh….

Buat yang lagi mampir ke blogku, nih resepnya:

Kue Soes Isi Vla

Kulit

225 cc air

100 gr mentega —> aku pake margarin

1/4 sdt garam —> ga pake

125 gr tepung cakra

4 butir telur ( ukuran sedang )

Vla

700 cc susu cair —> aku pake susu fullcream dancow

125 gr gula pasir

90 gr meizena

2 butir kuning telur

2 sdm butter —> aku pake 1 sdm margarin + 1 sdm butter hollman


Cara Membuat

Kulit:

  1. Didihkan air bersama mentega & garam.
  2. Masukkan tepung cakra sekaligus, aduk cepat sampai kalis. Dinginkan sampai uap panas menghilang.
  3. Masukkan telur ke dalam adonan tepung, kocok dengan bantuan mixer.
  4. Cetak dngan menggunakan spuit besar langsung ke atas loyang yang sudah dioles mentega —>  aku pake spuit wilton no.22
  5. Bakar dengan suhu 200 derajat celcius sampai kecoklatan ( sampai buihnya hilang )

Vla

  1. Cairkan meizena dengan 200cc susu cair. Masukan kuning telur, aduk rata. Sisihkan.
  2. Panaskan 500cc susu cair dengan gula sampai hampir mendidih sambil diaduk.
  3. Masukan campuran meizena ke dalam campuran susu & mentega sekaligus, aduk cepat sampai mengental dan meletup-letup.
  4. Masukan butter aduk rata. Dinginkan.

Setelah kulit soes dingin, gunting di bagian sisi bawah. Masukan vla ke dalam kantong segitiga dan sempotkan ke dalam kulit soes.

Tips:

  • Memasukan tepung cakra ke dalam didihan air harus sekaligus karena kalo sedikit demi sedikit akan membuat adonan kulit menggeindil karena tepungnya tidak merata.
  • Saat memanggang kulit, pantang membuka oven sampai kulit kokoh, karena kalo pintu oven dibuka saat kulit belum kokoh nanti membuat kulit tuun kembali dan gak mau naik lagi sehingga kurang cantik.

Choco Sponge Cake

 Choco Sponge Cake

Orderan dari mamah Abi, minta dibuatin kue yang murmer.

Jatuh pilihan bikin sponge cake cokelat. Untuk mempercantik penampilan toppingnya ditaburi gula halus trus dikasih buah cherry n daunnya dibikin dari fondant.

Alhamdulillah yang mesen seneng… ^_^