Monthly Archives: February 2008

Grass Flower Cupcake

Cupcake1

cupcake2

Pertama kali buat dekorasi cupcake, toppingnya aku hias pake BC, trimit dan  bunga gumpaste. Gumpastenya bikin sendiri loh… Kan kemaren baru aja dibeliin papa cetakan gumpaste nya wilton…cling..cling.

Awalnya sih pengen ngehiasnya dengan model rumput yang kuwel2 ( duh…bahasanya apa ya) kaya cacing itu. Tapi kok hasilnya kurang okeh ya…Akhirnya nyoba rumput yang model berdiri hasilnya lumayan…

Cakenya aku pake resep buttercake NCC yang udah dimodified oleh mba anne. Rasanya enak, pas ( ga terlalu manis) dan makan satu aja udah ngeyangin  perut.

Choco Butter Cake
Source : Primarasa n Milis NCC
Modifikasi oleh Anne

Bahan :
120 gr butter (100 gr butter)
1/2 sdt vanili
250 gr gula pasir (200 gr gula)
2 butir telur (3 butir telur)
200 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
150 ml susu segar (aku pake susu bubuk dancow coklat kurleb 30gr )
50 gr chocolate chips (ato sesuai selera)

Cara membuat :
– Mixer mentega, gula, vanili hingga kembang dan warnanya menjadi pucat, masukkan telur, mixer lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
– Masukkan tepung (plus BP) dan susu secara bergantian sambil dimixer dengan kecepatan rendah (slow) hingga rata.
– Tuang coklat leleh ke dalam adonan, aduk rata.
– Masukkan chocolate chips, aduk rata.
– Tuang (tidak penuh, 3/4 saja) ke dalam papercup.
– Panggang dengan suhu 160 derajat Celcius selama 25 menit.

 

Buttercream:

500 gr mentega putih

50 gr butter

500 gr gula jelly

rhum ( optional )

Cara membuatnya:

Kocok dengan kecepatan tinggi mentega putih dan butter sampai mengembang, lalu masukan gula jelly. Kocok lagi hingga tercampur rata. Kemudian masukan rhum. Aduk hingga rata. Buttercream siap digunakan.