Monthly Archives: January 2008

Chiffon Ketan Hitam

Sebenernya dah lama pengen bikin Chiffon Ketan Hitam tapi belum punya loyang chiffonnya. Padahal beli tepung ketan hitamnya dah lama banget daripada tepungnya nanti bulukan alias ga fresh lagi akhirnya dengan modal nekads aku buat ajah…

Dan Alhamdulillah hasilnya ga mengecewakan. Kuenya ga bantet or gosong. Cuman ya ga tinggi ajah karena aku pake loyang tulban biasa.

Untuk yang belum pernah buat chiffon dan ga punya loyang chiffon jangan berkecil hati. Dengan loyang tulban biasapun bisa kok cuman yang perlu diperhatikan gimana cara nunggigin loyangnya. Kalo aku disiasatin pake tutup toples. Dan hasilnya bisa diliat difotonya.

Oya…chiffonnya aku hias pake WCC biar terlihat lebih cantik. Orang yang pertama kali muji adalah Adel…Dia bilang: Woooow….cantik sekali kuenya. Mamaku pinter ya…Walaupun dipuji anak umur 3.5 tahun sangat bermakna sekali…hik..hik (terharu)

Makasih sayang atas pujiannya…mama jadi lebih bersemangat buat kue untukmu…xixixixi

chiffone-004.jpg

Chiffon Ketan Hitam1

 

CHIFFON KETAN HITAM
Resep Modifikasi Chiffon Pandan Mbak Fat oleh Mbak Ruri

Bahan 1 :
200 ml putih telur (dari sekitar 5 butir telur)
150 gr gula pasir (bisa dikurangi sampai 100 gram)
1/2 sdt garam

Bahan 2 :
5 butir kuning telur
100 ml santan kental
75 ml minyak sayur
150 gr tepung ketan item (diayak)

Caranya Membuat :
Masukann tepung ketan hitam kedalam wadah, buat lubang ditengahnya
Tuang kuning telur, minyak sayur dan santan
Aduk searah pake whisk sampe jadi adonan yang kental, pastikan tepungnya larut semua, jangan sampe ada yang mringkil mringkil
Campur putih telur, gula pasir dan garam.
Kocok campuran putih telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai kental
Campurin adonan putih telur ke dalam adonan tepung, aduk pake spatula sampe tercampur rata, jangan sampe masih ada adonan putih telur yang misah ya
Tuang ke loyang chiffon yang tidak dioles sama sekali, bagian dasarnya boleh dialasi kertas roti
Panggang dalam oven suhu 180 C selama 50 menit
Setelah matang, keluarkan dari oven, langsung tunggingin loyangnya sampai dingin, baru keluarin chiffonnya.