My First Japanesse Cheese Cake

This is my first JCC. Hasilnya lembuuuut banget n yummy pastinya… Tapi prosesnya ga gampang loch. Untuk yang masih amatir kaya aku ini proses pembuatannya terutama pemanggangannya ribet banget.

Dari proses pengadukan yang pake tehnik aduk balik…duh membingungkan. Padahal dah privat langsung viaYM sama jeng Yulia Maki ( thx ya jeng mau direpotin…) tapi teteup ajah masih ngeraba2 apa itu tehnik aduk balik.

Tapi ga cukup disitu kendalanya, pas loyang kukernya di isi air panas…ampyuuuuun deh tenyata loyang kukernya bocor netes ke oven. Padahal udah dilapisi plastik alumunium loch… Tambah tegang ajah deh.

Untuk mengatasi air yang netes aku taruh lagi loyang kuker dirak plg bawah. Dan Alhamdulillah cukup berhasil.

Demikianlah suka dukaku dengan JCC.

Oya aku dapet tips menyiasati agar air tidak merembes ke loyang cake n mencegah loyang kuker bocor. Berikut tips dari mba Ria Heliyanti:

1. kalo loyang yg berisi air bocor, bisa kok ditambal pake aluminium sticker.
cari dimana ? yg jual ada kok di pasar tradisional, biasanya di emper2/kaki lima bukan di kios/toko. bentuknya lembaran dg panjang kira2 7×20 cm. harganya jg murah kok… seribu perak jg dpt selembar. nanti tinggal ditempel aja di bagian yg bocor.

2. kalo JCC bagian bawahnya basah, itu artinya air merembes masuk ke dlm loyang JCC nya (biarpun udh pake alu foil utk mengcovernya). aku juga pernah gitu…. trus akhirnya aku akalin, dibawah loyang JCC nya aku kasih tumpukan serbet/lap (dulu pake koran, tp trus takut efek tintanya) yg terendam di air…. sedangkan loyang JCC (yg dicover pake alu foil) ada di atas lap/serbet tsb dan nyaris ga kena air. Hasilnya, bagian bawah JCC nya ga basah.
ini sih cuma akal2an aku aja, soale sayang mo beli loyang JCC yg tanpa sambungan sedangkan di rumah ada banyak loyang oval yg model sambungan.

Oke temen2… Yang belom buat JCC semoga pengalamanku ini bisa jadi masukan agar kegagalan bisa diatasi. Selamat berkarya….

Resepnya aku ambil dari blognya Yulia Maki ( permisi ya jeng….. ) :

JCC

JAPANESE STYLE CHEESECAKE

Sumber : 35 Variasi Resep-resep Cheesecake by Yasaboga

Campur dan Ayak:
50 gr tepung terigu [aku pake 60 gram kalo pake krimcis Yummy]
50 gr tepung maizena [aku pake 60 gram kalo pake krimcis Yummy]

Bahan:
60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whip cream
5 kuning telur
5 putih telur

parutan kulit jeruk lemon dari 1 buah jeruk lemon ( aku ga pake )
1/8 sdt garam
125 gr gula halus
1 sdt air jeruk lemon ( aku ganti esesence vanila )

Cara Membuatnya:
Siapkan loyang, alasi kertas roti.
Pasang oven 150 derajat Celsius, masukkan alas loyang yang diisi air panas.
Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api. Diamkan sampe uapnya hilang.
Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata.
Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan esense vanila sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.

Toppingnya aku pake selai blueberi yang dipanaskan dengan air 3 sdm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *